5 Cara Dalam Memilih Travel Umroh Yang Aman

Ibadah Umroh merupakan impian semua umat muslim tak terkecuali di Indonesia, tak sedikit pula yang rela menyisihkan penghasilan dengan menabung bertahun-tahun demi menggapai impiannya agar bias ergi ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah. Minat masyarakat untuk menjalakan ibadah umroh semakin tahun semaki bertambah, hal ini pula yang dimanfaatkan oleh ara pengusaha untuk menjalankan bisnissebagai biro perjalanan ibadah umroh, hal ini data dilihat dari semakin banyaknya perusahaan Biro Perjalanan Umroh dan Haji.


Namun bagi anda yang ingin pergi umroh mauapun haji,agar sebaiknya lebih selektif dalam memilih perusahaan biro perjalanan umroh. Bukan tanpa alasan, saat ini banyak sekali biro umroh yang tidak amanah, yang hanya mementingkan keuntukan pribadi semata, dan sudah banyak para jamaah yang terlantar dan gagal berangkat akibat ulah para travel-travel nakal yang tidak bertanggun jawab.

Untuk itu jamaah harus berhati-hati dalam memilih travel / biro umroh yang bagus dan terpercaya. Ingat jangan tergiur dengan harga murah, karena sudah banyak korban yang tertipu dengan biaya umroh murah yang berujung gagal berangkat. Idealnya biaya umroh paling murah dikisaran Rp 20 Juta.. Berikut merupakan tips cara memilih travel umroh yang baik dan aman :

1. Pastikan sudah terdaftar dan Resmi Kementrian Agama

Langkah pertama yang harus dilakukan saat awal memilih travel umroh dengan mengecek ijin travel umrohnya. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) harus terdaftar dan mengantongi ijin resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Berhati hatilah bila ternyata agen yang anda pilih belum terdaftar, daripada beresiko lebih baik jangan pilih, karena masih banyak travel resmi yang lain.

Lalu bagaimana cara cek resmi atau tidaknya ?

Ada 2 cara, yang pertama datang langsung ke departemen agama setempat didaerah teman muslim masing masing, kemudian tanyakan kepada petugas disana daftar PPIU yang resmi.

Cara yang kedua yaitu akses internet dan buka website resmi kementrian agama http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu

Setelah muncul tampilan websitenya seperti dibawah, lalu cari dan cek apakah travel umroh yang anda pilih ada atau tidak dalam daftar ini. Bila tidak ada itu artinya belum terdaftar dan tidak memiliki ijin resmi kemenag

2. Jadwal Keberangkatan Yang Pasti

Pada dasarnya setiap travel umroh telah mendapatkan quota VISA untuk setiap tanggal keberangkatan. Berdasarkan quota visa itulah maka biro memberanikan diri untuk membeli / booking seat tiket pesawat PP, detail mulai dari nama maskapai, tanggal dan jam keberangkatan dari bandara asal dan tujuannya.

Jadi aneh kalau sebuah PPUI mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal & hari keberangkatan umroh. Rata rata yang acap kali ditemukan, hanya memberikan bulannya saja dan perkiraan maskapai yang akan digunakan.

3. Pastikan Paket Biaya Umroh

Biaya Umroh yang dikenakan harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan. Pastikan berapa harga paket umrah, dan pastikan apa saja pelayanan yg didapat jamaah dengan biaya umrohnya.

4. Nama Hotel dan Lokasi

Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke masjid (masjidil haram maupun masjid Nabawi). Bila memungkinkan cek apakah benar hotel tersebut telah sesuai antaran paket yg ditawarkan dengan rate bintang hotelnya.

5. VISA

Pastikan kembali visa umrohnya. Konfirmasi ke PPUI nya perihal status VISA yang akan didapat dari pememrintah Arab Saudi.

Cermat dalam hal cara memilih travel umroh merupakan kunci suksesnya keberangkatan dan kepulangan para jamaah. Pilihlah travel umroh resmi dan memiliki izin dari pemerintah (departemen Agama), ujar Abdul Jamil Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag pada sebuah kesempatan sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Dalam Memilih Travel Umroh Yang Aman"

Posting Komentar